kost sehat

Kost an-nisa merupakan kost Muslim Putri yang berada di jalan Gejayan gang Dahlia CT-X No 11 A. Kost ini terletak di tengah pemukiman warga yang tidak terlalu penuh dan cukup jauh dengan jalan raya, sehingga tingkat kebisingan di kost an-nisa cukup rendah. Sehingga nyaman untuk kegiatan belajar.

Kost dengan luas bangunan 42×14 m² dan memiliki 3 lantai ini memiliki bangunan yang kokoh, terlihat dari bangunan dengan tinggi (3 lantai) dan luas bangunan yang seimbang. Dengan keseimbangan ini, maka bangunan ini cukup kokoh bila ada angin besar/topan atau ada gempa. Selain itu ditunjang dari adanya tiang-tiang penyangga gedung yang memiliki jumlah yang banyak dan besar. Material bangunan yang dipakai juga menunjukkan bangunan ini kokoh. Terlihat dari saat penancapkan paku, dinding tidak mudah berlubang hanya dengan memukul dengan palu, tapi kita perlu menggunakan bor.

Atap bangunan masing-masing kamar  menggunakan gypsum, begitu juga dengan atap yang di luar. Namun untuk bagian tengah, sebagai pencahayaan, terdapat lubang yang ditutupi dengan kanopi, sehingga cahaya tetap bisa masuk.

Kost ini memiliki jumlah kamar sebanyak 26, dengan 22 kamar seluas 2,5×3 m² dan 4 kamar dengan luas 3,5×4 m². Kost ini termasuk dalam kost yang kekurangan ventilasi di tiap-tiap kamar. Sehingga kurang adanya sirkulasi udara, ini tentunya menyebabkan suhu di masing-masing kamar cukup panas. Karena kost ini mendapatkan angin hanya dari pintu balkon depan.

Dengan bentuk kost yang memanjang dan kurang adanya ventilasi, sehingga sirkulasi udara di kost ini apalagi di masing-masing kamar, kurang baik. Walaupun sudah dipasang kanopi sebagai pencahayaan, tapi di kamar kost (saya) karena letaknya dibelakang  dan berada di bawah sehingga cahaya kurang saat di siang hari dengan keadaan lampu dimatikan.

 

Setiap 2x sehari kost ini dibersihkan oleh petugas kebersihan kost. Sehingga keadaan kost ini selalu bersih dan rapi, hal ini tentunya melindungi warga kost dari bahaya penyakit dan zat-zat berbahaya. Selain itu ditunjang dengan warga kost yang selalu menjaga kebersihan dan kerapihan kost.

Kecelakaan terpleset di kost ini cukup sering, karena lantai di kost ini dari keramik yang cukup licin dan saat penghuni kost selesai mandi atau wudlu mereka masih menggunakan alas kaki. Sehingga saat berjalan, kemungkinan besar mereka terpleset.

Tangga untuk menuju kelantai dua ini cukup aman. Dengan ukuran tangga yang lebar dan terdapat pegangan disamping sehingga tangga ini aman untuk digunakan. Tinggi tanggapun tidak melebihi ukuran tinggi normal yaitu 18 cm. Tetapi tangga untuk menuju ke lantai 3 (tempat penjemuran baju) ini cukup berbahaya. Karena selain memiliki ukuran yang sempit, tangga ini juga berbentuk memutar dan dari bahan besi, sehingga jika terjadi kecelakaan, luka yang ditimbulkan cukup parah dan terjadinya kecelakaan itu cukup besar karena ukuran tangga yang sempit dan memutar.

 

System pengadaan air di kost ini sudah bagus. Pasokan air yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari selalu ada karena kost ini memiliki jenis pompa air yang otomatis bila bak penampungan air kosong. Fasilitas untuk airpun cukup bagus. Terdapat wastafel untuk cuci piring dan tangan dan kran yang digunakan untuk wudlu dan mencuci baju. Kost ini memiliki dapur sehingga disediakan saluran untuk air kotor dan saluran ini selalu lancar.

 

Kost ini menggunakan sumur untuk pasokan air. Sumur terletak di bagian belakang kost dan sepiteng terletak dibagian depan kost dengan jarak ± 15 m sehingga air sumur yang terdapat di kost ini dapat dikatakan bersih dan sehat untuk digunakan.

One thought on “kost sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s